Nama saya Esti Normalita dan saya adalah
seorang guru sejarah di SMAN 1 Kota Mungkid Magelang. Pada pagi hari ini,
Selasa tanggal 03 April 2012 saya sedang dalam perjalanan untuk mengajar sejarah
di kelas XI IPS1. Pukul 08.30 WIB saya sudah tiba di kelas dan siswa-siswi di
kelas XI IPS1 ini tampak masih semangat mengikuti pelajaran. Saya tersenyum dan
segera meletakkan perlengkapan mengajar. Saya berusaha mengkondisikan siswa
agar kelas menjadi lebih kondusif dan mereka siap untuk mengikuti proses
belajar mengajar. Untuk mengawali pembelajaran hari ini saya mengucapkan salam
terlebih dahulu kepada mereka.
“Assalamu’alaikum anak-anak, Selamat
pagi,” kataku.
“Wa’alaikumsalam wr. wr, Selamat pagi
bu”, jawab siswa-siswi di kelas ini.
Setelah itu saya meminta ketua kelas untuk
memimpin doa sebelum pelajaran dimulai. Semua siswa berdoa dengan hening
sekali. Kemudian seperti biasa saya mempresensi siswa di kelas ini untuk
menyapa setiap siswa dan mengetahui kondisi kelas pada saat itu. Saya mengajar
sejarah dengan metode yang berbeda-beda pada setiap pertemuan agar siswa-siswi tidak
merasa jenuh terhadap sejarah. Kebetulan pada hari ini saya mengajar sejarah
dengan menggunakan metode jigsaw.
Sebelumnya
pada pertemuan minggu lalu, saya sudah memberi pengantar sedikit mengenai
proses belajar dengan menggunakan metode jigsaw dan saya sudah membagi tugas
kepada setiap siswa untuk mempelajari materi mengenai kehidupan negara-negara
kerajaan-kerajaan islam di Indonesia. Setiap siswa juga sudah saya tugaskan dan
fokuskan untuk mencari informasi sebanyak-banyaknya mengenai salah satu
kerajaan islam di Indonesia misalnya Kerajaan Samudera Pasai, Kerajaan Aceh, Kerajaan Malaka, Kerajaan
Demak, Kerajaan Pajang, Mataram Islam,
Kerajaan Banten, Kerajaan Goa Tallo, atau Kerajaan Ternate Tidore.
Metode pembelajaran jigsaw ini saya
awali pada pagi hari ini dengan pembentukan kelompok awal, kepada masing-masing
anggota saya memberikan tugas individu. Kemudian pembentukan kelompok ahli:
siswa yang mempunyai tugas yang sama bergabung dan berdiskusi saling melengkapi.
Setelah itu anggota kelompok ahli kembali ke kelompok asal untuk menjelaskan
hasil kesepakatan yang diperoleh kelompok ahli.
Pertama-tama saya berusaha menjelaskan
sedikit materi kepada siswa didik tentang hal-hal penting yang harus diketahui
untuk mempelajari materi kehidupan negara-negara kerajaan islam di Indonesia
misalnya sumber sejarah dan bukti adanya kerajaan itu, awal mula berdirinya
kerajaan, raja pertama, raja terkenal, raja terakhir, kehidupan ekonomi politik
sosial budaya, kemajuan kerajaan tersebut, dan sebab kemunduran kerajaan
tersebut. Hal ini saya lakukan agar siswa bisa mendapat gambaran tentang materi
tersebut.
Setelah itu saya membagi kelas menjadi
beberapa kelompok. Berhubung siswa dikelas saya ini berjumlah 30 orang maka
saya akan membaginya kedalam 6 kelompok, dan masing-masing kelompok berjumlah 5
orang. Kemudian semua siswa duduk sesuai dengan kelompoknya masing-masing dan
mulai mengerjakan tugas masing-masing. Kelompok awal atau sering disebut
kelompok home di kelas ini bernama kelompok
Analisis, kelompok Kehidupan, kelompok Negara, kelompok Kerajaan, kelompok
Islam, dan kelompok Indonesia. Setiap kelompok tampak sibuk dengan tugas
masing-masing yaitu saling berdiskusi tentang materi kehidupan negara-negara
kerajaan islam di Indonesia. Kemudian saya membagikan kertas undian kepada
setiap siswa di dalam 6 kelompok tersebut.
Setelah 20 menit berlalu saya menyuruh
siswa dengan nomor undian yang sama
untuk bergabung dan menjadi kelompok ahli. Para kelompok ahli yang terdiri dari
5 kelompok ini masing-masing memiliki tema berbeda yaitu Kelompok ahli 1
mengenai mengenai Kerajaan Samudera Pasai dan Kerajaan Aceh, Kelompok
ahli 2 mengenai Kerajaan Malaka dan Kerajaan Demak, Kelompok
ahli 3 mengenai Kerajaan Pajang dan
kerajaan Mataram Islam, Kelompok
ahli 4 mengenai Kerajaan Banten dan Kerajaan Goa Tallo, dan Kelompok
ahli 5 mengenai Kerajaan Ternate
Tidore. Para siswa dalam kelompok ahli ini berdiskusi dengan
semangat sekali. Saya membimbing mereka dan menanyakan apakah ada sesuatu yang
perlu ditanyakan. Kemudian ada seorang siswa dari kelompok ahli 1 bertanya.
“Sebenarnya
islam masuk ke Indonesia pada abad ke berapa bu?”, kata siswa tersebut.
Saya pun menjelaskan bahwa islam masuk
ke Indonesia pada abad ke 7 buktinya adalah terdapat perkampungan Arab di
Sumatera sedangkan islam mulai berkembang di Indonesia sendiri menurut pendapat
berbagi ahli ada 3 pendapat yaitu pada abad ke 9, ke 11, dan ke 13.
Setelah 20 menit berlalu saya menyuruh
setiap siswa untuk kembali ke kelompok awal/ kelompok home dan setiap siswa
dari kelompok ahli bertanggung jawab menjelaskan kepada kelompok awalnya untuk informasi-informasi
yang didapat dari kelompok ahli. Kemudian saya membimbing mereka dan bertanya
lagi.
“Apakah ada yang masih bingung dan belum jelas
mengenai kehidupan negara-negara kerajaan-kerajaan islam di Indonesia?”.
Dan mereka menjawab dengan serentak,
“Sudah jelas, Bu. ”
“Karena semua sudah jelas, silahkan bagi
yang berminat untuk menjelaskan semua materi yang di dapat dari diskusi tadi, 5
orang saja”, kata saya.
Karena semua siswa di kelas ini ini merupakan siswa yang aktif,
banyak yang ingin menjelaskan kepada teman-temannya mengenai materi yang
didapat dari diskusi tadi. Kemudian 5 orang siswa maju secara bergiliran dan
mendapat tepuk tangan dari teman-temannya. Karena materi yang mereka dapat dari
diskusi sudah hampir tepat, saya hanya perlu menambahkan dan menegaskan
beberapa materi penting saja.
Setelah itu saya menyuruh mereka untuk
menulis semua materi penting yang didapat pada hari ini. Hal ini saya lakukan
agar saya dapat mengevaluasi seberapa besar pemahaman mereka mengenai materi
kehidupan negara-negara kerajaan islam di Indonesia dan akan menjadi salah satu
nilai tugas untuk nilai rapor mereka.
Tanpa terasa waktu menunjukkan pukul
10.00 dan bel pun segera berbunyi tanda waktu istirahat tiba. Saya merasa
senang dan berharap metode yang sedang saya gunakan saat ini bisa membantu
siswa untuk lebih memahami materi mengenai kehidupan negara-negara kerajaan-kerajaan
islam di Indonesia. Sebelum mengakhiri jam pelajaran kali ini saya kembali
meminta ketua kelas untuk memimpin doa. Setelah itu saya mengucapkan salam dan meninggalkan
ruang kelas XI IPS1 dan segera menuju kantor guru untuk beristirahat.
I like it because i was seeking for such type of info.
BalasHapusI hope it benefits all one who land up here.
Thanks for sharing!!
1986 Pontiac Firebird AC Compressor
ok, you're welcome..
HapusThanks for your attention..
I hope this blog be better.
:)