Ageboy Blog: http://ageboy.blogspot.com/2012/04/cara-agar-blog-tidak-bisa-di-copy-paste.html#ixzz28tv7zoxP memories of history: sebuah cerpen: sejarah ceria ala jigsaw

Senin, 02 April 2012

sebuah cerpen: sejarah ceria ala jigsaw





        Nama saya Esti Normalita dan saya adalah seorang guru sejarah di SMAN 1 Kota Mungkid Magelang. Pada pagi hari ini, Selasa tanggal 03 April 2012 saya sedang dalam perjalanan untuk mengajar sejarah di kelas XI IPS1. Pukul 08.30 WIB saya sudah tiba di kelas dan siswa-siswi di kelas XI IPS1 ini tampak masih semangat mengikuti pelajaran. Saya tersenyum dan segera meletakkan perlengkapan mengajar. Saya berusaha mengkondisikan siswa agar kelas menjadi lebih kondusif dan mereka siap untuk mengikuti proses belajar mengajar. Untuk mengawali pembelajaran hari ini saya mengucapkan salam terlebih dahulu kepada mereka.

        “Assalamu’alaikum anak-anak, Selamat pagi,” kataku.

        “Wa’alaikumsalam wr. wr, Selamat pagi bu”, jawab siswa-siswi di kelas ini.

        Setelah itu saya meminta ketua kelas untuk memimpin doa sebelum pelajaran dimulai. Semua siswa berdoa dengan hening sekali. Kemudian seperti biasa saya mempresensi siswa di kelas ini untuk menyapa setiap siswa dan mengetahui kondisi kelas pada saat itu. Saya mengajar sejarah dengan metode yang berbeda-beda pada setiap pertemuan agar siswa-siswi tidak merasa jenuh terhadap sejarah. Kebetulan pada hari ini saya mengajar sejarah dengan menggunakan metode jigsaw.

         Sebelumnya pada pertemuan minggu lalu, saya sudah memberi pengantar sedikit mengenai proses belajar dengan menggunakan metode jigsaw dan saya sudah membagi tugas kepada setiap siswa untuk mempelajari materi mengenai kehidupan negara-negara kerajaan-kerajaan islam di Indonesia. Setiap siswa juga sudah saya tugaskan dan fokuskan untuk mencari informasi sebanyak-banyaknya mengenai salah satu kerajaan islam di Indonesia misalnya Kerajaan Samudera Pasai, Kerajaan Aceh, Kerajaan Malaka, Kerajaan Demak, Kerajaan Pajang, Mataram  Islam, Kerajaan Banten, Kerajaan Goa Tallo, atau Kerajaan Ternate Tidore.

        Metode pembelajaran jigsaw ini saya awali pada pagi hari ini dengan pembentukan kelompok awal, kepada masing-masing anggota saya memberikan tugas individu. Kemudian pembentukan kelompok ahli: siswa yang mempunyai tugas yang sama bergabung dan berdiskusi saling melengkapi. Setelah itu anggota kelompok ahli kembali ke kelompok asal untuk menjelaskan hasil kesepakatan yang diperoleh kelompok ahli.

        Pertama-tama saya berusaha menjelaskan sedikit materi kepada siswa didik tentang hal-hal penting yang harus diketahui untuk mempelajari materi kehidupan negara-negara kerajaan islam di Indonesia misalnya sumber sejarah dan bukti adanya kerajaan itu, awal mula berdirinya kerajaan, raja pertama, raja terkenal, raja terakhir, kehidupan ekonomi politik sosial budaya, kemajuan kerajaan tersebut, dan sebab kemunduran kerajaan tersebut. Hal ini saya lakukan agar siswa bisa mendapat gambaran tentang materi tersebut.

        Setelah itu saya membagi kelas menjadi beberapa kelompok. Berhubung siswa dikelas saya ini berjumlah 30 orang maka saya akan membaginya kedalam 6 kelompok, dan masing-masing kelompok berjumlah 5 orang. Kemudian semua siswa duduk sesuai dengan kelompoknya masing-masing dan mulai mengerjakan tugas masing-masing. Kelompok awal atau sering disebut kelompok home di kelas ini bernama kelompok Analisis, kelompok Kehidupan, kelompok Negara, kelompok Kerajaan, kelompok Islam, dan kelompok Indonesia. Setiap kelompok tampak sibuk dengan tugas masing-masing yaitu saling berdiskusi tentang materi kehidupan negara-negara kerajaan islam di Indonesia. Kemudian saya membagikan kertas undian kepada setiap siswa di dalam 6 kelompok tersebut.

        Setelah 20 menit berlalu saya menyuruh siswa dengan nomor undian  yang sama untuk bergabung dan menjadi kelompok ahli. Para kelompok ahli yang terdiri dari 5 kelompok ini masing-masing memiliki tema berbeda yaitu Kelompok ahli 1 mengenai mengenai Kerajaan Samudera Pasai dan Kerajaan Aceh, Kelompok ahli 2 mengenai Kerajaan Malaka dan  Kerajaan Demak, Kelompok ahli 3 mengenai Kerajaan Pajang dan kerajaan Mataram  Islam, Kelompok ahli 4 mengenai Kerajaan Banten dan  Kerajaan Goa Tallo, dan Kelompok ahli 5 mengenai Kerajaan Ternate Tidore. Para siswa dalam kelompok ahli ini berdiskusi dengan semangat sekali. Saya membimbing mereka dan menanyakan apakah ada sesuatu yang perlu ditanyakan. Kemudian ada seorang siswa dari kelompok ahli 1  bertanya.

        “Sebenarnya islam masuk ke Indonesia pada abad ke berapa bu?”, kata siswa tersebut.

        Saya pun menjelaskan bahwa islam masuk ke Indonesia pada abad ke 7 buktinya adalah terdapat perkampungan Arab di Sumatera sedangkan islam mulai berkembang di Indonesia sendiri menurut pendapat berbagi ahli ada 3 pendapat yaitu pada abad ke 9, ke 11, dan ke 13.

        Setelah 20 menit berlalu saya menyuruh setiap siswa untuk kembali ke kelompok awal/ kelompok home dan setiap siswa dari kelompok ahli bertanggung jawab menjelaskan kepada kelompok awalnya untuk informasi-informasi yang didapat dari kelompok ahli. Kemudian saya membimbing mereka dan bertanya lagi.

 “Apakah ada yang masih bingung dan belum jelas mengenai kehidupan negara-negara kerajaan-kerajaan islam di Indonesia?”.

        Dan mereka menjawab dengan serentak, “Sudah jelas, Bu. ”

“Karena semua sudah jelas, silahkan bagi yang berminat untuk menjelaskan semua materi yang di dapat dari diskusi tadi, 5 orang saja”,  kata saya.

        Karena semua siswa  di kelas ini ini merupakan siswa yang aktif, banyak yang ingin menjelaskan kepada teman-temannya mengenai materi yang didapat dari diskusi tadi. Kemudian 5 orang siswa maju secara bergiliran dan mendapat tepuk tangan dari teman-temannya. Karena materi yang mereka dapat dari diskusi sudah hampir tepat, saya hanya perlu menambahkan dan menegaskan beberapa materi penting saja.

        Setelah itu saya menyuruh mereka untuk menulis semua materi penting yang didapat pada hari ini. Hal ini saya lakukan agar saya dapat mengevaluasi seberapa besar pemahaman mereka mengenai materi kehidupan negara-negara kerajaan islam di Indonesia dan akan menjadi salah satu nilai tugas untuk nilai rapor mereka.

        Tanpa terasa waktu menunjukkan pukul 10.00 dan bel pun segera berbunyi tanda waktu istirahat tiba. Saya merasa senang dan berharap metode yang sedang saya gunakan saat ini bisa membantu siswa untuk lebih memahami materi mengenai kehidupan negara-negara kerajaan-kerajaan islam di Indonesia. Sebelum mengakhiri jam pelajaran kali ini saya kembali meminta ketua kelas untuk memimpin doa. Setelah itu saya mengucapkan salam dan meninggalkan ruang kelas XI IPS1 dan segera menuju kantor guru untuk beristirahat.


2 komentar:

  1. I like it because i was seeking for such type of info.
    I hope it benefits all one who land up here.
    Thanks for sharing!!
    1986 Pontiac Firebird AC Compressor

    BalasHapus
    Balasan
    1. ok, you're welcome..
      Thanks for your attention..
      I hope this blog be better.
      :)

      Hapus